MWC NU Kedungkandang-Giat Hari Santri Nasional

  • Oct 24, 2023
  • Imam Muslich, SH

MWC NU Kedungkandang mengadakan serangkaian acara kegiatan dalam rangka Hari Santri Nasional, yang dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 22 Oktober 2023.
serangkaian acara tersebut antara lain adalah lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Qiroatul Kutub, dan Musabaqah Hifdzil Qur’an yang bertempat di Baitul Makmur Sawojajar dimulai pada hari sabtu tanggal 21 Oktober 2023 dari pukul 08.00 Wib, Peserta sendiri berasal dari seluruh Malang Raya usia SD/MI sampai MTs/SMP.
Menurut Ust. M. Romli selaku Ketua Panitia Lomba, pelaksanaan lomba ini adalah inisiasi dari Pengurus MWC NU Kedungkandang. Tujuan diadakan lomba yang pertama adalah mengasah dan meningkatkan kemampuan para santri dalam Tilawatil Qur’an maupun Hafalan Qur’an, yang kedua dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional Tahun 2023.
Minggu tanggal 22 Oktober 2023, dilaksanakan apel Hari Santri yang dimulai dari pukul 07.00 Wib, Khotmil Qur’an, Bazaar UMKM & berbagai perlombaan. Rangkaian acara dilanjut sampai malam hari yang merupakan acara puncak dari peringatan Hari Santri Nasional 2023 yaitu pengajian Akbar oleh KH. Zainal Abidin selaku Ketua Tanfidiyah PCNU Sidoarjo.
Sekretaris MWC NU Kedungkandang (Muhammad Wahid S.PdI MM) mengatakan  "Peringatan Hari Santri Nasional juga menjadi momentum untuk selalu mengingat peran dan perjuangan santri dalam mempertahankan kemerdekaan sebagai Motivasi menatap era Globalisasi dan Digitalisasi Dunia, santri harus mampu menguasai teknologi sebagai manifesto dari Resolusi jihad masa kini”
Sementara itu Ketua MWC NU Ust. H. Rosidi, Sag menyampaikan tujuan dari acara ini adalah ikut serta mengenang dan menghormati perjuangan para ulama dan santri untuk kemerdekaan Indonesia.
Dengan harapan Santri mengenal dan memahami akan Hari Santri itu sendiri, Membangun sinergi antara NU, Lembaga dan BANOM dlm berkhidmat pada NU khususnya di MWC NU Kedungkandang, Menfasilitasi dan memotivasi santri untuk berprestasi.

Dalam kesempatan yang lain, Achmad Faris selaku ketua pelaksana menjelaskan proses dari awal kegiatan ini yaitu mengharapkan kesuksesan pelaksanaan dan peserta, awal yg di persiapkan adalah konsep acara yang akan dilaksanakan dan siapa saja yang akan di undang. Tujuan acara ini untuk mempererat ukhuwah islamiyah (memperkuat ke NU an) , memperingati hari santri Nasional dan mengundang UMKM sekecamatan Kedungkandang untuk memperdayakan ekonomi masyarakat sekitar. "Acara ini akan menjadi project percontohan pertama di kecamatan Kedungkandang, pelaksanaan Hari Santri Nasional di konsep seperti ini, ada upacara, kegiatan masyarakat dan laitul ijtima. Jadi kami harapkan kedepan nya acara seperti ini akan rutin dan tuan rumah wilayah selanjutnya akan lebih meriah dan sukses" tutur beliau.